Arti kata dari Abrar menurut Kamus Agama Islam

Arti kata dari Abrar

Arti kata dari Abrar menurut Kamus Agama Islam 

Abrar menurut kamus agama islam – Banyak istilah kata-kata yang ada dalam bahasa arab, salah satunya adalah kata “Abrar”. Kali ini kami akan menyajikan istilah kata Abrar beserta dengan penjelasannya sesuai dengan kamus agama islam. 

Istilah Kata dari Abrar 

Arti kata dari Abrar adalah Kumpulan orang yang taat kepada Allah SWT serta melakukan kebajikan. Mereka dijamin oleh Allah SWT akan mendapat kedudukan yang tinggi di syurga kelak. 

Lebih Lanjut Tentang Kata Abrar 

Abrar adalah istilah kata yang ada dalam kamus agama islam. Berikut akan kami berikan beberapa daftar istilah kata penting lainnya yang relevan dengan kata Abrar di bawah ini 
  1. Arti kata dari Abrar adalah Kumpulan orang yang taat kepada Allah SWT serta melakukan kebajikan. Mereka dijamin oleh Allah SWT akan mendapat kedudukan yang tinggi di syurga kelak. 
  2. Arti kata dari Abu Bakar As-Siddiq adalah Sahabat Rasulullah saw yang paling dekat. Ia pernah menemani Rasulullah saw ketika berhijrah ke Madinah. Merupakan laki-laki pertama yang memeluk agama Islam dan sentiasa membenarkan ajaran Rasulullah saw oleh sebab itu beliau digelar as-Siddiq. Nama aslinya ialah Abdullah bin Abi Qahafah. Ia menjadi khalifah yang pertama dan wafat ketika berusia 63 tahun.
  3. Arti kata dari Abu Daud adalah Ulama hadist yang terkenal dilahirkan di Iraq. Nama aslinya adalah Sulaiman bin Al-Asy'as dan hidup di kurun ketiga Hijrah. Kitabnya yang bernama Sunan Abi Daud dianggap kitab ketiga yang terpenting setelah Sahih Bukhari dan Sahih Muslim dalam bidang ilmu hadist.
  4. Arti kata dari Abu Hanifah adalah Seorang yang sangat alim dalam pengajian Islam terutama dalam bidang Fiqih. Ia adalah pengagas asas mazhab Hanafi. Nama aslinya adalah Nukman bin Sabit. Ia juga saudagar yang jujur dan telah meninggal dunia pada tahun 80 Hijrah. 
  5. Arti kata dari Abu Hurairah adalah Salah seorang sahabat Rasulullah saw dan telah memeluk Islam pada tahun ke-7 Hijrah. Nama aslinya adalah Abdul Rahman bin Sakhar. Beliau banyak menghabiskan masanya dengan mendampingi Rasulullah saw. Seorang yang memiliki ingatan kuat dalam menghafal hadist dan banyak meriwayatkan hadist dari Rasulullah saw.
  6. Arti kata dari Abu Jahal adalah Nama aslinya adalah Amru bin Hisyam. Ia merupakan kafir Quraisy yang sangat keras menentang agama islam dan perancang utama dalam percobaan untuk membunuh Nabi saw. Abu Jahal menentang agama Islam bukan karena tidak tahu akan kebenaran Islam tetapi semata-mata karena licik dan iri kepada Rasulullah saw. Ia mati terbunuh dalam peperangan Badar ketika berperang melawan tentara Islam.
  7. Arti kata dari Abu Lahab adalah Salah seorang paman Nabi saw. Dan nama aslinya adalah Abdul Uzza. Abu Lahab sangat memusuhi Rasulullah saw dan menentang dakwah Islam sehingga diturunkah surah Al-Lahab. Surah ini mencela Abu Lahab bersama istrinya dan kedua-duanya akan dimasukan ke dalam api neraka.
  8. Arti kata dari Abu Qasim adalah Gelar yang diberikan kepada Nabi Muhammad saw karena rasulullah mempunyai seorang anak laki-laki yang bernama Qasim tetapi meninggal dunia ketika masih kecil.
  9. Arti kata dari Abu Talib adalah Salah seorang paman Rasulullah saw dan merupakan ayah dari Saidina Ali. Ia memimpin keluarga Bani Hasyim yang disegani oleh orang Quraisy dan pelindung Rasulullah saw dari ancaman musuh. Setelah beliau wafat orang Quraisy berani mengancam Rasulullah saw sampai mau membunuh Rasulullah.
  10. Arti kata dari Abu Ubaidah Al-Jarah adalah Salah seorang sahabat dari sepuluh sahabat Rasulullah saw yang dijanjikan masuk syurga. Ia juga merupakan seorang panglima Islam yang berani berperang bersama Rasulullah saw dalam semua peperangan. Panglima yang sangat berjasa mengembangkan agama Islam dan menaklukan negeri Syam Hims dan Aleppo. Ia wafat pada tahun 18 Hijrah. 

Demikianlah Arti kata dari Abrar menurut Kamus Agama Islam, jika bermanfaat silahkan untuk dibagikan kepada teman dan kerabat anda atau di media sosial lainnya.

0 comments